DAMPAK MELIHAT FILM HORROR BAGI PELAJAR/SISWA SEKOLAH DASAR
OLEH:
DAVID DWI FIRMANSYAH
DAVID DWI FIRMANSYAH
SDIT AL USWAH TUBAN
JL.AL FALAH II Gg al uswah no. 06
Tuban
2015
HALAMAN PERSETUJUAN
Nama : David Dwi Firmansyah
Nomor
Absen : 04
Kelas
: 5C SDIT Al Uswah Tuban
Judul : Damak Melihat Film Horor Bagi Anak
Tanggal :
Tugas
Akhir siswa ini telah memenuhi syarat untuk di ujikan didepan Dewan Penguji
Guru
Pembimbing
M.
Bahruddin, S.pd :.................................................
HALAMAN
PENGESAHAN
Nama : David Dwi Frmansyah
Nomor
Absen : 04
Kelas : 5C SDIT Al Uswah
Judul : Dampak Melihat Film Horor
Tanggal :
Tim
Penguji:
1.
Nur Hidayati,S.Th.I
......................................
2.
Masrukhin, M.Pd.I
.......................................
3. Tarju, A.Ma .......................................
LEMBAR PERSEMBAHAN
Tugas akhir ini saya persembahkan untuk :
· Allah SWT yang selalu melimpahkan Rahmatnya, memberi petunjuk jalan yang benar untuk mencapai surganya
- Nabi kita yang selalu member teladan untuk kita, yakni Nabi Muhammad SAW
- Ibuku yang mengorbankan nyawa dan kekuatannya agar aku bisa merasakan hidup di dunia, kasih sayang dan cinta yang selalu menyertaiku
- Ayahku yang telah berjuang mencari nafkah untuk bisa membiayaiku dan semangat mendidikku agar aku kelak nanti bias jadi orang yang hebat
- Untuk Ustadz dan Ustadzahku yang telah member dan mengeluarkan ilmu dan kebiasaan lainya
- Untuk semua teman-temanku yang telah bersamaku untuk berbagi suka dan duka
- Untuk pembimbingku, yang selama ini telah membimbingku dengan sabar, sehingga Tugas akhir ini dapat terselesaikan dengan baik, yaitu, M. Bahruddin, S.Pd
HALAMAN MOTTO
- Dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah
- Jangan tunda sampai besok apa yang bisa engkau kerjakan hari ini
- Kegagalan hanya terjadi apabila kita menyerah
- Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda
- Hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin
- Setelah kesulitan pasti ada kemudahan
KATA PENGANTAR
BISMILLAHRRAHMAANIRRAHIIM
Alhamdulillahirobil’alamin,
segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam yang jiwa manusia. Dalam
genggamannya, dengan cinta dan nikmatnya, penulis mampu membuat dan
menyalesaikan Tugas Akhir ini.
Allahumma Sholialamuhammad, sholawat
serta salam selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW Bapak revolusi dunia yang
membawa kita keluar dari zaman Jahiliah menuju zaman Mahiriah dengan risalah dinul islam sebagai penerang dunia.
Tugas Akhir siswa ini
disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di lingkungan SDIT Al Uswah
Tuban.
Pada kesempatan kali ini penulis
ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Ustadz
Moh.Sahlan, selaku Kepala SDIT Al Uswah Tuban,
2.
Ustadzah
Faizzah Nuril Jannah, selaku Waka Kesiswaan SDIT Al Uswah Tuban,
3.
Ustadz
Masruhin, selaku Waka Sarana dan Prasarana SDIT Al Uswah Tuban,
4.
Ustadzah
Rita Fatmawati, selaku Waka Kurikulum SDIT Al Uswah Tuban,
5.
Ustadz
M. Bahruddin, selaku pembimbing dalam pembuatan Tugas Akhir,
6.
Orang Tua yang selalu mendukung dan
mendoakanku,
7.
Teman-teman yang telah membantu dalam
susah maupun senang,
Semoga bantuan yang diberikan
pada penulis mendapatkan imbalan yang lebih mulia dari Allah SWT dan disertai
dengan penuh harapan semoga Tugas Akhir ini dapat bermanfaat siswa dan masyarakat.
Penulis menyadari sepenuhnya
bahwa penyusunan Tugas Akhir ini jauh dari sempurna. Semua saran dan kritik
akan penulis terima dengan kebesaran hati untuk kesempurnaan tulisan ini.
Wassalam
Penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL..............................................................................
HALAMAN
PERSETJUAN..................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN................................................................
LEMBAR PERSEMBAHAN.................................................................
HALAMAN MOTTO.............................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................
DAFTAR ISI...........................................................................................
BAB I:PENDAHULUAN......................................................................
HALAMAN MOTTO.............................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................
DAFTAR ISI...........................................................................................
BAB I:PENDAHULUAN......................................................................
1.1 Latar Belakang.......................................................................
1.2 Rumusan Masalah.................................................................
1.3 Tujuan Penelitian....................................................................
1.4 Batasan Masalah.....................................................................
1.5 Manfaat Penelitian.................................................................
BAB II:KAJIAN PUSTAKA.................................................................
BAB III:METODE PENELITIAN.........................................................
BAB III:METODE PENELITIAN.........................................................
3.1
Jenis Penelitian.......................................................................
3.2
Tempat Dan Waktu Penelitian...............................................
3.3
Medote Pengumpulan Data....................................................
BAB IV:HASIL DAN PEMBAHASAN................................................
BAB IV:HASIL DAN PEMBAHASAN................................................
4.1 Hasil.......................................................................................
4.2 Pembahasan...........................................................................
4.2 Pembahasan...........................................................................
BAB V:PENUTUP..................................................................................
5.1 Kesimpulan............................................................................
5.2 Saran......................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sekarang
ini, banyak sekali film yang tersebar secara bebas di kalangan masyarakat baik
dewasa maupun anak-anak. Adapun film yang beredar saat ini sangat beragam
jenisnya, mulai dari yang bertemakan persahabatan, perjuangan, biografi,
sampai-sampai percintaan dan film menakutkan yang biasa disebut film horror.
Seperti yang telah disebutkan di atas film-film ini bereder luas di kalangan
masyarakat baik dewasa maupun anak-anak, termasuk juga film horror yang juga
beredar luas dikalangan anak-anak. Film horror pada anak-anak tentunya sangat
berdampak pada kepribadian anak-anak yang memang sedang dalam masa perkembangan
dan memiliki daya imajinasi yang kuat. Hal ini merupakan salah satu
penyebab anak menjadi pribadi yang penakut.
Pribadi penakut pada anak tentunya tidak
bisa dibiarkan begitu saja, masalah ini haruslah diatasi agar tidak berdampak
besar pada kehidupan sang anak. Selain itu masyarakat juga seharusnya
mengetahui hal ini, dan tidak membebaskan anak-anak nya manonton film-film yang
seharusnya tidak menjadi tontonan anak-anak. Oleh karena itu penulis merasa
tertarik untuk membahas tentang "Pengaruh Film Horror terhadap
Perkembangan Kepribadian Anak" dalam karya ilmiah ini.
Film horror adalah sebuah
film yang di dalamnya tersusun atas beberapa hal. Pertama yaitu sebuah film
yang menyajikan sebuah cerita seram dan menampilkan gambar-gambar seram,
sehingga yang dengannya membuat orang yang melihat dan mendengarnya merasa
ketekutan. Sebagaimana yang kita ketahui sekarang ini, yaitu banyaknya
tayangan-tayangan TV yang menayangkan sebuah film horror. Baik itu yang
diproduksi oleh perfileman barat (yang terkenal dengan nama Hollywood) maupun
perfileman Indonesia.
Sebagai contoh film-film
horror yang diproduksi perfileman Indonesia adalah seperti ; Suster Ngesot,
Lantai 13, Pocong, Malam Jumat Kliwon, Rumah Pondok Indah, Hantu Jeruk
Purut, Kuntilanak, Sebut Namaku Tiga Kali,
Terowongan Casablanca, Tusuk Jaelangkung, Lewat Tengah Malam, Bangsal 13, dan
lain sebagainya. Film-film tersebut sangat digemari oleh sebagian masyarakat. Dan
film-film seperti itu mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi
jiwa, perilaku, tingkah laku masyarakat. Dan utamanya terhadap perilaku
anak-anak remaja indonesia.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa
saja dampak yang diakibatkan jika anak-anak menonton film horror?
2. Upaya
apa yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketakutan pada anak?
1.3 Tujuan Penelitian
1.
Untuk mengetahui
dampak yang diakibatkan jika anak-anak menonton film horror.
2. Untuk
mengetahui upaya orang tua terhadap dampak menonton film horror pada anak.
1.4 Batasan Masalah
Penelitian di tunjukan kepada anak-anak yang
menonton film horor.
1.5 Manfaat
Penelitian
- Memberikan informasi tentang dampak film horror terhadap perkembangan Pribadi anak sebagai suatu wawasan.
- Menambah informasi tentang upaya yang diakibatkan film horor pada anak.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Film Horor
Horror merupakan salah satu genre dari film, yang intinya adalah untuk menimbulkan
rasa takut dari penonton. Untuk menimbulkan rasa takut itu, film horror
sering kali menggunakan adegan yang mengejutkan dengan hal yang mengerikan atau
gaib. para penonton dipaksa untuk menyasikan phobia, rasa takut paling dalam
akan hal yang tidak di ketahui mereka. Pembunuh, hantu, virus adalah hal yang
sering kali digunakan untuk menimbulkan rasa takut dalam film horror.
Lihatlah tayangan yang melintas bebas di layar TV. Tayangan “sampah”
sekali pun bias dinikmati anak-anak dengan mudah . salah satu tayangan yang
beresiko tinggi bagi perkembangan mental anak adalah film horror Nyatanya, film
horror memang dibuat untuk menakut-nakuti penontonnya. Saat penonton bisa
berteriak histeris menyaksikan adegan berdarah, maka film itu dianggap sukses.
Waspadalah, ketakutan yang di hasilkan film horror bisa membekas selama bertahun-tahun dalam hidup seseorang.
Penelitian nasional institute of mental health di Amerika Serikat menyatakan,
tayangan film horror berdampak buruk bagi perkembangan kejiwaan anak. Rani
Rajak I Noe’man selaku konselor dan psikolog anak dari yayasan kita dan buah
hati membeberkan berbagai dampak film horror bagi anak berikut ini.
- Menganggap Benar – anak yang terbiasa menonton film horror atau mistik akan menganggap apa yang mereka adalah benar, tak bias membedakan yang nyata dan rekaman semata.
- Perilaku Berubah – perilaku anak bias berubah. Contohnya, kecemasan, ketakutan berkepanjangan, dan mimpi buruk.
- Jangka panjang – Dampak psikologisnya bisa berjangka panjang. Dampak ini mempengaruhi rasa percaya diri anak.
- Prestasi Akademik – Dampak pada prestasi akademiknya, anak jadi kurang tidur dan rasa cemas berkepanjangan. Akibat yang ditimbulkan adalah menurunnya konsentrasi dan kemampuan mengendalikan diri hingga mereka tidak dapat belajar optimal.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
Pada Tugas ini, Penyusun menggunakan metode deskriptif kualitatif. yaitu dengan
cara mempelajari dan mencari
dari buku-buku
dan bahan bacaan dari internet yang berhubungan dengan masalah yang diteliti
oleh Penyusun.
3.1 Tempat
Dan Waktu Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan pada hari minggu 5 April 2015 di Ds. Labuhan
3.3 Metode
Pengumpulan Data
Dengan cara:Obervasi
Peneliti turun langsung ke lapangan
untuk mengetahui bagaimana dampak anak di Ds. Labuhan Terhadap film horror
bersama 20 anak kelas 5 dan 6
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil
Hasil Obeservasi yang dilakukan di Ds.
Labuhan pada 20 pelajar sebagai berikut adalah:
Pertanyaan:
Apakah dampak
melhat film horor bagi pelajar/siswa sekolah dasar ?
Jawaban:
5 pelajar menjawab prestasi turun/berkurang
4 pelajar
menjawab kurang tidur/ngantuk saat sekolah
3 pelajar
menjawab mental berkurang
7 pelajar
menjawab berperilaku berbeda
1 pelajar
menjawab memberi ketakutan berjangka panjang
4.2
Pembahasan
Dari hasil diatas terbukti bahwa dampak yang dihasilkan dari melihat
film horor adalah kebanyakan anak-anak berperilaku berbeda
Contoh:Dari
berani menjadi tidak berani
BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
dari semua penjelasan
saya dapat menyimpulkan bahwa tayangan film horor kurang baik terhadap pola
pikir anak karena dapat menimbulkan dampak negatif terhadap seseorang
5.2 Saran
Orang tua yang bijaksana akan selalu memilih
mana tayangan yang terbaik
dan paling baku atau bersifat mendidik yang layak untuk anak-anak dan mana yang
kurang layak untuk dinonton dapat di protect atau langsung di non aktifkan.
Film horor yang membawa banyak efek negatif selayaknya orang tua dapat memberi
pemahaman terhadap anak untuk melihat Film yang lebih pantas dengan ajakan
yanng lebih membangun dan ritme bahasa yang tidak birokratis.apa lagi sekarang
film horor indonesia banyak mengandung gambaran-gambaran nafsu atau pengumbar
hawa nafsu,jika tidak dihindarkan dapat membenntuk kepribadian aneh dengan
sikap dan gairah seksual yang tinggi ini akan menyebabkan pendewasaan dini, dan
menyebabkan pengaruh luas terhadap dasar pemikiran si anak.
DAFTAR
PUSTAKA
Pratama, Puzi. 2014. Pengaruh Film Horor
Ditelevisi Terhadap Pola Pikir Anak Usia Dini. http://belajardaripengalamantt.blogspot.com/
Putri, Arnasta. 2013. Arnasta' s blog . http://arnasta.blogspot.com/2013/02/dampak-psikology-keseringan-nonton-film.html
Rasyak,Rezki, Muhammad. 2005.
Dampak Positif dan Negatif Yang dapat
timbul dari Menonton Film Horor. http://rezkirasyak.blogspot.com/2012/04/dampak-positif-dan-negatif-yang-dapat.html
sip, rahasia perkasa alami
BalasHapusPlay Free Spins For Real Money at Top Casinos in MI
BalasHapusSlots can be fun and real money. The most common カジノ シークレット feature of playing slot games in 12bet Michigan online casinos is the bonuses, 다파벳 promotions, and
Casinos Near Me - JTM Hub
BalasHapus1. El Cajon, NY 12720 - Get Directions · 2. El 의왕 출장마사지 Cajon, NY 12720 - Get Directions · 3. El Cajon, NY 12720 - Get Directions · 4. 순천 출장샵 El Cajon, 양주 출장샵 NY 12720 - Get Directions · 5. 익산 출장샵 El Cajon, NY 12720 - Get 구미 출장마사지 Directions